Coretan MasBud: Terjemah Sholawat Wahidiyah

Halaman

Kamis, 19 Mei 2011

Terjemah Sholawat Wahidiyah

Bismillah...
terjemah sholawat wahidiyah

Ilaa hadroti sampai alfatihah tidak saya terjemahkan karena saya anggap ini amalan yang sudah banyak dipakai terutama di kalangan sahabat2 dari NU.

allohumma yaa wahidu yaa ahad .... dst.:
“Ya Alloh Yaa Tuhan Yang Maha Esa, Yaa Tuhan Maha Satu, Yaa Tuhan Maha Menemukan, Yaa Tuhan Maha Pelimpah, limpahkanlah Sholawat serta salam barokah atas junjungan kami Baginda Nabi Agung Muhammad dan atas Keluarga Baginda Nabi Muhammad pada setip berkedipnya mata dan naik turunnya nafas sebanyak bilangan segala yang Alloh Maha Mengetahui dan sebanyak kelimpahan pemberian dan kelestarian pemeliharaan-Nya”.
Nb. bagian ini disebut sholawat wahidiyah diambil dari lafadh pertama yaa wahidu yaa ahad yaitu TUhan yang maha satu..




alohumma kamaa anta ahluh.... dst..:
“Yaa Alloh, sebagaimana keahlian ada pada-Mu, limpahkanlah shalawat salam barokah atas Junjungan kami, Pemimpin kami, Pemberi syafa’at kami, Kecintaan kami dan Buah jantung hati kami Baginda Nabi Muhammad Shollalloohu ‘alaihi wasallam yang sepadan dengan keahlian Beliau; kami bermohon kepada-Mu yaa Alloh, dengan Hak Kemulyaan Beliau, tenggelamkan kami di dalam pusat –dasar- samudra ke-Esaan-Mu, sedemikian rupa sehingga tiada kami melihat dan mendengar, tiada kami menemukan dan merasa, dan tiada kami bergerak ataupun berdiam, melainkan senantiasa merasa di dalam Samudra Tauhid-Mu, dan kami bermohon kepada-Mu yaa Alloh, limpahilah kami ampunan-Mu yang sempurna yaa Alloh, nikmat-Mu yang sempurna yaa Alloh, sadar ma’rifat kepada-Mu yang sempurna yaa Alloh, cinta kepada-Mu dan menjadi kecintaan-Mu yang sempurna yaa Alloh, ridlo kepada-Mu serta memperoleh ridlo-Mu yang sempurna pula yaa Alloh. Dan sekali lagi yaa Alloh, limpahkanlah shalawat salam dan barokah atas Baginda Nabi dan atas keluarga dan shahabat Beliau sebanyak bilangan segala yang diliputi oleh ilmu-Mu dan termuat di dalam kitab-Mu, dengan rahmat-Mu yaa Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan segala puji bagi Alloh Tuhan Seru Sekalian Alam”.
 Nb. bagian ini disebutnya dengan sholawat ma'rifat.. sholawat ini jika diamalkan sendirian akan terasa panas karena nur ilahiyyah itu panas makanya dalam sholawat wahidiyah utuh ada yang namanya sholawat tsaljul qulub(penyejuk hati) setelah ini dan pada awal2 lahirnya wahidiyah belum ada sholawat staljul qulub sehingga pada waktu itu banyak yang jadzab(seperti gila tapi sbenarnya tidak dia hanya tau bahwa semuanya adalah Alloh /setau saya seperti itu) wallohu a'lam

Yaa syafi'al kholqissholatu wassalamu.....dst.:
 “Duhai Baginda Nabi Pemberi syafa’at makhluq, ke pangkuan-Mu shalawat dan salam Alloh semoga dilimpahkan. Duhai Nur cahaya makhluq, pembimbing manusia;

Duhai Unsur dan Jiwa makhluq, bimbing dan didiklah diriku, sungguh aku manusia yang dholim selalu;

Tiada arti diriku tanpa Engkau duhai Sayyidii, jika Engkau hindari aku, akibat keterlaluan berlarut-larutku, pastilah, pasti ‘ku ‘kan hancur binasa!”.


Nb. bagian ini disebut sholawat tsaljul qulub penyejuk hati.. disebut penyejuk hati karena seperti disebut di atas untuk mendinginkan sholawat ma'rifat.. karena nur Muahammad itu sejuk.. wallohu a'lam

Yaa sayyidii yaa rosulalloh..

"Duhai pemimpin kami duhai Utusan Alloh.."

Nb. ini disebut Nida sebagaimana dijelaskan di awal

Yaa ayyuhal ghoutsu salamulloh .... dst.

“Duhai Ghoutsu Zaman, ke pangkuan-Mu salam Alloh kuhaturkan, bimbing, bimbing dan didiklah diriku dengan idzin Alloh;

Dan arahkan pancaran sinar nadhroh-Mu kepadaku yaa Sayyidii, radiasi batin yang mewushulkan aku, sadar ke hadlirat Maha Luhur Tuhanku.”


Nb. bagian ini disebut istghoutsah.. kirim salam kepada ghoutsu Hadzaz zaman /shulthonul auliya fiy hadazzaman ... beliau statusnya dirahasiakan oleh Alloh.. jika ingin tahu siapa shulthonul auliya sekarang bertanyalah kepada Alloh.. atau yang diajarkan oleh Mbah yai Abdul madjid r.a adalah dengan membaca sebanyak banyaknya Yaa sayyidii yaa ayyuhal ghouts.. beberapa orang diberikan penglihatan batiniyah siapa Ghouts sekarang namun saya belum pernah mencobanya.. jika agan2 ingin mencoba atau penasaran silakan..

yaa syafi'al kholqi habiiballohi ..... dst

"Duhai Baginda Nabi Pemberi syafa’at makhluq, duhai Baginda Nabi Kekasih Alloh, ke pangkuan-Mu Sholawat dan salam Alloh semoga di limpahkan;

Jalanku buntu, usahaku tak menentu, buat kesejahteraan negeriku, cepat, cepat raihlah tanganku, yaa sayyidii, tolonglah diriku dan seluruh ummat ini."


Yaa sayyidii yaa rosulalloh..

yaa robbanallohumma sholli sallimi...dst

“Yaa Tuhan kami Yaa Alloh, limpahkanlah Sholawat dan salam atas Baginda Nabi Muhammad Pemberi syafa’at ummat dan atas keluarga Beliau ; dan jadikan umat manusia cepat-cepat lari, lari kembali mengabdikan diri dan sadar kepada Tuhan Semesta Alam,

Yaa Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, permudahlah segala urusan kami dan tunjukilah kami, akrabkan dan pereratlah persaudaraan dan persatuan di antara kami Yaa Tuhan kami”.


Allohumma baarik fiyma kholaqta.. dst

“Yaa Alloh, limpahkanlah berkah di dalam segala makhluk yang Engkau ciptakan dan di dalam negeri ini yaa Alloh, dan di dalam mujahadah ini yaa Alloh!.”

Nb dlam sholawat wahidiyah juga tidak lupa mendoakan Negeri tercinta ini dalam setiap kali mujahadah..

ISTIGHROQ

Yang dimaksud ialah : diam tidak membaca apa-apa. Segala perhatian tertuju pada Alloh!. Bukan membayangkan lafal “ALLOH” tetapi kepada Alloh-Tuhan!. Pendengaran, perasaan, ingatan, fikiran, penglihatan dan ……… pokoknya segalanya dikonsentrasikan kepada Alloh !. Lain-lain tidak menjadi acara!. Hanya Alloh ! titik!.

Lamanya istighroq tidak ada batasan, menurut kemampuan masing-masing, istighroq diakhiri dengan membaca surat Al Fatihah satu kali

AL FATIHAH !

Doa :

bismillahirrohmanirrohim
allohumma bihaqqismika al a'dhom.. dst

"Dengan Asma Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Yaa Alloh, dengan hak kebesaran Asma-Mu yang Agung, dan dengan kemulian serta keagungan Baginda Nabi Muhammad Shollalloohu ‘alaihi wasallam, dan dengan barokah Ghoutsu hadzaz-zaman wa A’waanihii serta segenap auliya kekasih-Mu yaa Alloh, yaa Alloh Rodliyallohu ta’ala ‘anhum"

Balligh jami'al alamin... dst

"sampaikanlah seruan ini kepada jami’al ‘alamin dan jadikanlah panggilan ini kesan yang sangat mendalam ;

fainnaka 'ala kulli syai-in qodiir ..... dst

Maka sesungguhnya Engkau Maha Kuasa berbuat segala sesuatu dan Maha Ahli memberi ijabah !”.

Fafirru ilalloh...! "larilah kembali kepada Alloh"

Nb.ini diambil dari ayat alqur'an.. dan dijadikan logo yayasan perjuangan wahidiyah saperti yang ditampilkan sobat di atas..

waquljaa alhaqqu..dst

dan katakanlah (wahai Muhammad) perkara yang haq telah datang dan musnahlah perkara yang batal; sesungguhnya perkara yang batal itu pasti musnah”.

thanks to : Asroboy@kaskus 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar